7.6K
Ada satu teknik self-healing sederhana yang bisa dipakai/dicoba ketika kita merasa tidak puas dengan keadaan diri: baik perhal bentuk tubuh atau situasi yang dihadapi saat ini. Namanya adalah Ho’oponopono. Teknik ini berasal dari Hawaii dan dipopulerkan oleh Ihaleakala Hew Len, Ph.D.

Hari itu, sepertinya bukan tanpa sengaja jika Alam Semesta memberikan banyak bahan untuk menuliskan artikel ini.

Bermula pagi hari, ketika saya membersihkan album foto di hape saya, dan saya menemukan gambar ini:

Begitu membuka Instagram, saya pun langsung disambut komentar-komentar menawarkan “peninggi, pemutih, pelurus rambut, pemontok payudara" dan sebagainya." Saat praktik, klien saya hari itu ternyata mempunyai isu dengan dirinya. Dia tidak merasa nyaman dengan dirinya, lebih spesifik lagi dengan tubuhnya sendiri.

Berapa banyak di antara kita atau orang-orang di sekeliling kita yang mempunyai masalah seperti itu? Saya rasa banyak, termasuk saya di dalamnya. Buktinya berapa banyak uang yang dibelanjakan untuk mempercantik diri dari ujung rambut sampai ujung kaki? Berapa macam alasan yang kita berikan untuk itu: supaya terlihat segar, supaya terlihat menarik, dan lain sebagainya.

Dari bahan-bahan yang diberikan Alam Semesta kepada saya, dan dari pengalaman klien saya hari itu, saya jadi tersadar bahwa sekarang banyak sekali artikel, saran, tips, atau workshop yang ujung-ujungnya adalah perihal mencintai diri sendiri, apa adanya.

Saya tidak akan membahas mengapa kita harus mencintai diri sendiri; karena rasanya sudah ada begitu banyak artikel tentang hal ini. Ada pula banyak teknik self-healing yang bisa dipelajari untuk membantu mencintai diri kita (termasuk tubuh kita) apa adanya.

Sebelum artikel ini saya publikasikan, saya berpikir, dari sekian banyak teknik self-healing yang saya pelajari, kira-kira mana, ya, yang paling mudah dipraktikkan tanpa harus dibantu terapis? Karena mungkin saja banyak orang yang masih enggan pergi ke terapis, apakah karena persoalan biaya, ataukah karena takut disangka macam-macam oleh orang-orang di sekitarnya.

Ada satu teknik yang bisa dipakai atau dicoba ketika kita sedang merasa tidak puas dengan keadaan diri, baik bentuk tubuh atau situasi diri yang dihadapi saat ini. Namanya adalah Ho’oponopono. Teknik ini berasal dari Hawaii yang dipopulerkan oleh Ihaleakala Hew Len, Ph.D

Didalam teknik yang sangat sederhana ini, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Menyadari apapun ke-tidaknyaman-an di tubuh yang dirasakan saat ini.

2. Kemudian ucapkan:

Please forgive me – Saya menyesali apa yang saya pikirkan/rasakan terhadap diri/tubuh saya

I am sorry – Maafkan saya. Minta maaflah pada bagian diri/tubuh yang tak disukai, atau lebih besar lagi, meminta maaf kepada Sang Maha

Thank you - Terima kasih. Berterimakasihlah kepada diri bahwa telah menyadari hal ini, berterima kasih kepada bagian tubuh yang tidak disukai karena sudah melengkapi tubuh ini, dan berterima kasih kepada Sang Maha yang sudah menciptakan ini semua.

I love you - Saya mencintai. Mencintai diri dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Ulangi sebanyak yang kita inginkan, minimal sebanyak 3x.

Kalau ternyata teknik di atas tidak menolong, mungkin ada isu lain yang ada di balik ketidaksukaan kita terhadap diri/tubuh. Dan sudah saatnya kita mencari bantuan kepada orang yang lebih profesional untuk membantu kita mengatasi isu tersebut.

Untuk menutup artikel ini, silakan lihat video di bawah ini:



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Teknik Self-Healing Ini Bisa Membantu Kita Mencintai Diri Sendiri dan Menghindari BITERHAMEN (Bibir Tersenyum Hati Menangis)". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Diwien Hartono | @diwienhartono

Diwien Hartono adalah praktisi kesehatan holistik dan pemandu sesi Tapas Accupressure Technique (TAT) dan Jin Shin Jyutsu. Ia dapat dijumpai (dengan perjanjian) di True Nature Holistic Healing, Dharmawangsa - Jakarta.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar