5.2K
Kerapuhan adalah pelajaran terbesar untuk saya belajar meminta pertolongan orang lain. Belajar bahwa ada batasannya dalam mengandalkan diri sendiri dan memberi ruang untuk orang lain dalam membantu melakukan sesuatu bersama-sama.

Pundak kanan saya terasa lumayan nyeri tadi malam. Saya tidak kuat, semalam terapis akupressure saya, Mbak Ning, datang ke rumah. Dan seperti yang saya duga, pundak kanan saya bengkak. Ia melarang saya mengangkat berat-berat dahulu.

Jadi hari ini saya memulai hari dengan perlahan. Berkenalan dengan tangan kiri saya yang lebih kuat. Saya belajar mengulek seperti pemula. Saya belajar mengistirahatkan sisi kanan tubuh saya. Cedera atau penyakit buat saya adalah pelajaran sekaligus pertanda.

Kerapuhan adalah pelajaran terbesar untuk saya belajar meminta pertolongan orang lain. Belajar bahwa ada batasannya dalam mengandalkan diri sendiri dan memberi ruang untuk orang lain dalam membantu melakukan sesuatu bersama-sama. Saya manusia yang cukup efektif mengerjakan apa-apa sendiri, namun pelajaran keruntuhan ego terbesar saya adalah ketika kesulitan datang dalam hidup, kesulitan terbesar saya adalah mengutarakan bahwa saya tidak bisa melakukan semuanya sendirian.

Semesta mengajari saya terlalu banyak mengenai pertolongan dan rasa percaya. Mempercayai bahwa kebaikan akan datang dari segala penjuru ketika kita memintanya.

Ask and you will be given.

Kata-kata itu selalu melekat dalam diri saya. Saya berterimakasih akan orang-orang yang selalu hadir, orang-orang yang datang dan pergi, juga segala pelajaran dan perjalanan.

Di kala cedera, saya selalu mengingat hal-hal sederhana ini dan meresapinya. Air mata dari rasa sakit kadang adalah pupuk untuk tanah yang kita injak, untuk tumbuh lebih kuat, mengakar lebih dalam dan untuk mengakui segala interkoneksitas kehidupan.

Terimakasih atas segalanya. Matur sembah nuwun.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengulek Dengan Tangan Kiri dan Kerapuhan.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Astrid Reza | @astridreza

A writer and a nomad soul. A wandering cook.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar