5.9K
Problems are not stop signs. They are guidelines - Robert H Schuller

Dalam hidup, kita tak pernah lepas dari masalah atau ujian kehidupan. Masalah datang tanpa diundang, namun tak bisa pergi dengan sendirinya. Masalah yang sering kita hadapi, misalnya saat putus cinta. Kita terlarut dalam kesedihan dan merasa sulit untuk 'move on' dari hal itu.

Siapa di dunia ini yang tak pernah mengalami masalah? Jawabannya tidak ada.

Setidaknya, dalam sehari kita mendapatkan lebih dari satu masalah. Setiap orang memiliki ukuran masalah yang berbeda. Mungkin kita menganggap masalah yang kita hadapi sekarang adalah masalah yang paling sulit. Namun, bisa saja masalah kita tak sebanding yang dialami orang lain.

Satu yang pasti, kita tak bisa membiarkan masalah itu berlarut-larut, justru hal itu akan membuatnya semakin rumit dan sukar untuk diselesaikan.

Sebagai manusia, kita tentunya selalu berusaha menghindari masalah. Padahal yang perlu kita lakukan bukanlah menghindarinya, tapi mengatasi dan menyelesaikan masalah itu sesegera mungkin. Masalah ibarat soal matematika yang begitu sulit. Namun, jika kita menggunakan rumus yang tepat, kita akan berhasil menemukan jawabannya.

Terkadang, masalah hadir untuk memberikan kekuatan dalam hidup kita. Sama seperti pisau yang terus diasah, lama-kelamaan akan tajam dan dapat digunakan secara maksimal. Orang yang berani mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalahnya adalah orang-orang yang hebat dan berhasil dalam hidupnya karena mereka berani bertanggung jawab dan menanggung resiko yang akan mereka terima nantinya.

Setelah itu, pikiran dan hati mereka akan lega karena berhasil menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, dan menjadi lebih sadar dan bijaksana.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang takut menghadapi masalah mereka? Percaya dan yakinlah, semua masalah ada jalan keluarnya; asalkan kita berani menghadapinya.

Berhasil menghadapi masalah merupakan awal yang baik. Jadikan keberhasilan kita melalui masalah itu sebagai pengingat, bahwa sesulit apapun rasanya, kita siap menghadapi dunia.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masalah yang Datang Menjadikan Kita Lebih Kuat: Jika Dihadapi.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Michelle Maryeta | @michellmaryeta

Seorang siswi yang sangat mencintai dunia sastra. Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan dengan sejuta impian.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar