1.8K
Bagaimana jika sebuah pekerjaan dilakukan bukan hanya dengan sungguh-sungguh, namun juga dengan hati yang gembira?

Beberapa hari lalu, selepas Lebaran, saya pergi ke salah satu pusat perbelanjaan untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah. Karena sudah dekat waktu makan siang, saya pun mampir di sebuah restoran kecil dan memesan sepiring mie goreng.

Restoran itu sepi saja, hanya ada beberapa pelanggan. Saya memilih duduk tak jauh dari pintu yang membuka ke dapur. Saat itulah, saya mendengar nyanyian dan tawa dari dalam sana, beradu dengan dentang sodet di atas penggorengan dan desisan minyak panas di atas kompor.

Ternyata, sang juru masak yang menyanyi. Dengan cekatan, ia menerima pesanan dari konter, tertawa dan berseru: "Oke, siap!", lalu kembali menyanyi seraya menghadapi kompor. Suaranya biasa saja, tapi saya bisa mendengar ada kegembiraan luar biasa di sana.

Dia sangat menikmati--entah nyanyiannya, atau masakannya, atau keduanya.

Karyawan lain juga tak ada yang menyuruhnya berhenti, mereka ikut tersenyum-senyum dan sesekali menyahut kala refrain tiba.

Saya sempat berpikir, apakah higienis jika seorang juru masak memasak sambil bernyanyi? Entahlah. Saya tidak tahu.

Jujur, buat saya, yang lebih menarik adalah menyaksikan kegembiraan seseorang saat bekerja. Kegembiraan yang apa adanya. Bekerja dengan hati yang gembira. Berapa banyak di antara kita yang ingat melakukannya?

Saya membatin, bahwa karena dimasak dengan hati gembira, mie goreng ini seharusnya enak!

Mie goreng saya datang tak lama kemudian. Mengepul berkilauan. Harum. Saya menyambar garpu dan melilitkan mie goreng yang masih hangat itu sebelum mengantarkannya ke dalam mulut. Ah. Benar, kan.

Rasanya enak. Enak sekali.

Dan bukankah bergembira juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kapan Terakhir Kali Kita Bekerja dengan Hati yang Gembira?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Hanny Kusumawati | @hannykusumawati

Managing Editor of Kamantara.ID. A published writer and blogger at www.beradadisini.com. Organises workshops & weekend getaways in creative/travel/mindful writing & creative living.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar