8.7K
Mulailah dengan bertanya mengapa, dengan niat yang baik, dengan penuh syukur.

Ada banyak kesempatan dalam hidup ini ketika kita harus memulai sesuatu. Memulai hubungan baru setelah yang lama kandas, membangun hidup baru setelah relokasi ke kota yang sama sekali asing, membiasakan diri bekerja dengan tim baru setelah mendapatkan promosi, keinginan untuk memulai kebiasaan untuk hidup yang lebih sehat, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana cara kita untuk memulai semua itu?

1. Mulailah dengan bertanya mengapa.

Tanyakan pada diri mengapa kita hendak memulai apapun yang hendak kita mulai saat itu. Mengapa awal baru ini penting bagi kita? Mengapa kita merasa perlu melakukannya? Mengapa, misalnya, kita merasa ragu atau cemas untuk memulainya? Mengapa kita merasa kewalahan? Bertanya mengapa adalah cara yang baik untuk bersentuhan lebih banyak dengan perasaan dan pemikiran yang berkecamuk di alam bawah sadar kita. Begitu kita mengetahui apa sebenarnya yang membuat kita cemas, kuatir, lega, atau bahagia, kita bisa melihat keadaan dengan lebih jernih.

2. Mulailah dengan niat yang baik.

Kita bisa berdoa, menuliskan niat baik, atau membayangkan hal baik yang kita harapkan terjadi setelah kita mengerjakan apapun yang hendak kita mulai. Gunakan kata-kata yang positif untuk memulai niat baik kita, misalnya: “Semoga dengan pindah ke tempat baru ini saya dapat berbahagia dan hidup tenang.” Jangan gunakan kata-kata negatif seperti, “Semoga dengan pindah ke tempat baru ini saya tidak lagi stres dan terganggu seperti dulu.” Ubahlah semua tantangan yang kita hadapi menjadi niat baik. Misalnya, jika jarak rumah baru ke kantor baru cukup jauh, kita bisa tetap menyambutnya dengan niat baik, seperti: “Saya akan selalu tiba di kantor tepat waktu, dan menikmati waktu perjalanan saya menuju ke sana.”

3. Mulailah dengan penuh syukur.

Bersyukurlah atas kesempatan yang kita miliki untuk memulai sesuatu—bahwa kita memiliki kesempatan menentukan arah baru yang baik bagi diri kita, kesempatan untuk belajar hal-hal yang baru, mengalami hal-hal yang baru, dan memperkaya diri kita dengan berbagai pengalaman yang mungkin belum pernah kita dapatkan sebelumnya. Bersyukurlah untuk semua hal baik yang telah membawa kita untuk memulai sesuatu yang baru saat ini.

4. Mulailah dengan cara yang baik.

Ketika saat memulai itu tiba, lakukanlah setiap langkahnya, sebisa mungkin, dengan cara yang baik: dengan perkataan yang baik, dengan pikiran yang baik, dengan suasana hati yang baik, dengan memilih jalan yang baik. Tak mengapa jika kita tak bisa memilih cara yang baik setiap kali, namun kita dapat terus mengingatkan diri agar senantiasa memilih cara yang lebih baik. Apabila kita terlanjur khilaf dan telah memilih cara yang tak terlalu baik, tak mengapa. Yang penting kita lantas segera kembali kepada cara yang lebih baik.

5. Mulailah dengan memberikan segala yang baik.

Ketika kita memberi, sesungguhnya kita tengah memberi untuk diri kita sendiri. Apa yang kita tabur, itulah yang akan kita tuai. Ketika memulai sesuatu, berikanlah segala yang baik dari diri kita; dari apa yang kita miliki. Kita akan bertemu orang-orang baru, berada di lingkungan baru, atau berkenalan dengan situasi-situasi baru ketika kita baru memulai sesuatu. Apapun dan siapapun yang kita temui dalam perjalanan kita untuk memulai itu, berikanlah segala yang baik dari diri kita. Dan jangan pernah lupa untuk memberikan juga segala yang baik bagi diri kita sendiri.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah Rahasia Memulai Apapun dalam Hidup dengan Tenang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Hanny Kusumawati | @hannykusumawati

Managing Editor of Kamantara.ID. A published writer and blogger at www.beradadisini.com. Organises workshops & weekend getaways in creative/travel/mindful writing & creative living.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar