1.2K
Kita pasti sudah akrab dengan rasa lelah dan mengantuk yang datang menyerang sekitar pukul 3 - 4 sore. Biasanya, inilah waktu di mana kita begitu tergoda untuk mengudap makanan manis, membuat kopi, tidur siang - atau bahkan ketiganya! Jangan kuatir, kita tak sendirian!

Kita semua merasakan kelelahan atau turunnya energi pada waktu-waktu ini, yang dalam Ayurveda dikenal sebagai waktu Vata - ini berlangsung dari pukul 2 siang sampai pukul 6 sore. Saya akan membahas lebih banyak mengenai 3 tipe dosha menurut Ayurveda (Vata, Pitta, Kapha) dalam artikel lain, tapi untuk saat ini, cukup diingat bahwa Vata dosha terdiri dari banyak elemen ruang (space) dan udara (air). Rasa yang 'menenangkan' Vata terutama adalah rasa manis, juga asam dan asin - inilah mengapa kita kemudian ingin menyantap makanan yang manis, keripik, atau minuman energi, kopi, dan lain nya pada waktu ini.

Tetapi, daripada meraih sekantong biskuit atau keripik yang tinggi kadar gula refinasi dan kandungan sodium-nya, atau mencoba 'mematikannya' dengan menengguk secangkir kopi, mari kita coba menghormati rasa ini dengan mengambil tindakan yang penuh kesadaran pada jam-jam ini untuk memerhatikan apa yang sebenarnya tubuh kita butuhkan.

Beberapa alternatif pilihan yang bisa diambil adalah: mengudap segenggam kacang-kacangan dengan beberapa butir kismis atau kurma, membuat teh dengan kapulaga dan gula kelapa atau madu, nyemil stew apel atau pir, atau ubi kukus yang ditaburi kayu manis.

Lebih baik lagi, bagaimana kalau kita luangkan sedikit waktu di akhir pekan untuk membuat biskuit ini - yang bisa kita nikmati sepanjang minggu?

Saya sangat suka resep ini karena:

1. Super-mudah. Begitu kita sudah menyiapkan bahan-bahannya, kita sebenarnya tinggal mencampur semuanya.

2. Penuh dengan bahan-bahan yang baik untuk kita. Mulai dari havermut (oats) yang penuh serat, wortel yang kaya akan beta-carotene, kayu manis yang membantu menyeimbangkan kadar gula darah kita, gula kelapa dan raisins/kismis (yang juga memberikan sedikit zat besi nabati), ditambah lemak baik dan protein dari minyak kelapa dan biji bunga matahari... mana mungkin tubuh kita tidak menyukainya?

3. Resep ini mudah dikreasikan, dan kita bisa bermain-main dengan tepung, rempah, buah kering, dan lain-lain sesuai selera dan kemudian menciptakan biskuit kreasi kita sendiri.

Resep di bawah ini sudah cukup seimbang untuk semua dosha, tapi saya juga memberikan beberapa variasi untuk mereka yang mungkin memiliki ketakseimbangan dosha tertentu.

Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang diperlukan:

1 cangkir havermut (rolled oats)
1/2 cangkir tepung bebas gluten (saya menggunakan gluten-free flour mix dari Javara untuk resep ini)
1 1/2 sdt baking powder
1 1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt kapulaga bubuk
1/8 sdt jahe bubuk
2 sdm minyak kelapa
1 butir telur / 1 telur flax (1 sdm bubuk flaxseed dicampur 3 sdm air)
2 sdm apel yang dihaluskan atau applesauce
2-3 sdm gula kelapa
1 sdt ekstrak vanila
1/2 cangkir wortel yang telah diparut
2-3 sdm kismis/raisins
2 sdm biji bunga matahari

Cara membuat:

1. Di dalam mangkuk sedang, campur havermut, tepung, baking powder, kayu manis, kapulaga, dan jahe bubuk.

2. Di dalam mangkuk lain, kocok minyak kelapa, telur atau telur flax, apel yang dihaluskan, gula kelapa dan vanila hingga tercampur rata.

3. Masukkan campuran havermut ke dalam campuran minyak kelapa dan aduk rata.

4. Tambahkan wortel parut, kismis dan biji bunga matahari, aduk perlahan.

5. Taruh adonan ini di kulkas selama sekitar 30 menit - ini akan membantu havermut menyerap kelembaban dari bahan-bahan yang lain. Sambil menunggu, panaskan oven hingga 180 derajat Celcius.

6. Setelah 30 menit, keluarkan adonan dari kulkas dan bentuklah menjadi kepingan-kepingan biskuit sesuai keinginan kita - bisa menggunakan tangan, atau sendok.

7. Atur di atas loyang yang sudah dilapisi sedikit minyak kelapa dan panggang selama sekitar 15 menit. Kalau kita lebih suka biskuit yang renyah daripada yang kenyal, pangganglah sekitar 5-7 menit lebih lama.

8. Begitu biskuit matang, pindahkan dari loyang dan biarkan mendingin untuk beberapa waktu sebelum menyimpannya di stoples kedap udara.

*Resep ini akan menghasilkan 12 biskuit ukuran sedang atau 16 biskuit ukuran kecil.

Variasi berdasarkan dosha:

Untuk Vata dominan: gunakan ghee (jika tersedia) sebagai pengganti minyak kelapa, ganti tepung bebas gluten dengan tepung spelt atau gandum utuh/whole wheat (jika kamu tidak intoleran terhadap gluten) atau gunakan tepung dari beras merah/cokelat, rendam kismis dalam sedikit air hangat 1-2 jam sebelum digunakan.
Untuk Pitta dominan: bisa mengganti tepung bebas gluten dengan tepung spelt, gandum utuh, atau tepung barley/jelai (jika tidak intoleran terhadap gluten), rendam kismis dalam sedikit air hangat 1-2 jam sebelum digunakan, jika diinginkan bisa menggunakan maple syrup untuk pengganti gula kelapa, dan tidak usah menggunakan jahe bubuk dalam resep ini.
Untuk Kapha dominan: ganti tepung bebas gluten dengan tepung buckwheat (sarasin) atau tepung millet (jewawut), tidak usah mengunakan gula kelapa, tetapi tambahkan takaran apel yang dihaluskan ke dalam adonan menjadi 4-5 sendok makan.

Saya harap kalian akan mencoba resep ini dan memperlihatkan kreasi-kreasi unik kalian masing-masing :)


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep: Carrot Cake Oatmeal Cookies ala Ayurveda ". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Pooja Thawani-Virwani | @PoojaThawani

ISHTA trained yoga teacher * Ayurvedic enthusiast * Loves whipping up wholesome baked treats, sipping hot cardamon chai and enjoying Jakarta’s gorgeous sunsets <3

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar