407
Buat saya, hari lahir adalah perayaan intim dengan diri. Mengkaji ulang segala hal yang telah terlewati. Berterima kasih pada diri di masa lalu atas segala pilihan dan keputusannya. Menerima dan memaafkannya. Lalu berjanji untuk berkembang secara pribadi.

Apa makna hari lahir untukmu?

Subuh ini, saya tepat berumur 31 tahun. Dan pagi ini, saya memulai hari dengan biasa. Tentu dengan tambahan beberapa ucapan dan doa yang terlantun dari sanak famili dan teman. Membuat pagi sendu di Bandung menjadi lebih hangat.

Kemarin malam, saya menghabiskan sebagian besar malam untuk menulis. Menulis gegas, menulis tersendat, menulis dengan lamunan, menulis dengan harapan, menulis dengan beberapa tetes air mata. Menulis dan terus menulis hingga memenuhi hampir 8 halaman diari saya.

Menulis hingga tak ada lagi yang mampu saya tulis.

Ini kali pertama saya melakukan perayaan ulang tahun dengan hening dan tak banyak remeh. Di dalam kamar kosan kecil di pojok Dago dengan sebuah pensil dan kertas. Tanpa harapan ada sebuah pesta ataupun lilin yang harus saya tiup. Hanya saya dan apa yang ada di kepala.

Lalu saya teringat, 15 tahun silam di hari yang sama, saya pernah begitu marah dengan sahabat dekat saya karena lupa dengan hari ulang tahun saya. Saya mendiamkannya selama seminggu. Mengingat kejadian ini, sekarang saya hanya bisa tersenyum simpul. Betapa drama-nya saya pada usia 16 tahun itu.

Kejadian 'ngambek' ini entah masih diingat olehnya atau tidak. Tapi, saya ingin meminta maaf untuk segala kelabilan saya di masa itu. Terima kasih mau hadir bersama saya di dalam proses pendewasaan. Terima kasih telah menjadi salah satu milestone dalam perkembangan hidup saya.

Saat ini, hari lahir tak lagi butuh didominasi dengan pesta ataupun ucapan selamat. Buat saya hari lahir adalah perayaan intim dengan diri. Mengkaji ulang segala hal yang telah terlewati. Berterima kasih pada diri di masa lalu atas segala pilihan dan keputusannya. Menerima dan memaafkannya. Lalu berjanji untuk berkembang secara pribadi.

Memeluk dan merengkuh bayangan yang ada di depan kaca. "Satu tahun lagi terlewati, mari terus melaju dan tetap saling percaya. Love you more and always!"

Apa jangan-jangan ini karena saya semakin tua? Kalau kamu, apa makna hari lahir bagimu?

Note : tulisan ini sebelumnya telah diterbitkan di blog pribadi penulis.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Apa Makna Hari Lahir Bagimu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Natalia Oetama | @Natalivy

Pecinta senja, pengamat langit, petualang hidup, penyuka gerimis, penggemar puisi. Baginya menulis itu terapi agar tetap waras dari pesta pora di kepala.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar