4.5K
Kita tentu bisa membeli bermacam hadiah. Namun, bagaimana jika kita menginginkan hadiah dengan pesan atau sentuhan pribadi bagi si penerima?

Bagi sebagian dari kita, sentuhan pribadi menjadi penting ketika hendak mencari hadiah yang pas bagi kawan dan keluarga dekat. Jika memungkinkan, kita tentu ingin agar hadiah yang kita berikan punya makna dan pesan yang sesuai untuk si penerima—bahkan mungkin bisa dibuat atau disesuaikan dengan keinginan kita sebagai pemberi hadiah!

Lima ide hadiah Tahun Baru di bawah ini mungkin bisa membantu kita menemukan hadiah dengan sentuhan pribadi untuk orang-orang yang kita sayangi:


1. KARTU UCAPAN

Kartu ucapan dengan kata-kata yang kita pilih sendiri mampu mengungkapkan perasaan atau pemikiran kita dengan lebih jujur dibandingkan kartu-kartu lain yang mungkin diproduksi secara masal. Kita juga bisa memberikan kartu ucapan dengan kutipan-kutipan yang punya arti khusus bagi orang yang akan menerimanya.

(Foto oleh Eugenia Clara)

Jika kita ingin memberikan kartu ucapan dengan sentuhan pribadi, kita bisa mengintip karya-karya indah dari Eugenia Clara berikut ini—dan coba menghubunginya untuk memesan kartu ucapan spesial dengan kata-kata yang kita rangkai sendiri. Kita juga bisa membingkai kartu ucapan pribadi ini agar bisa dipajang sebagai penghias ruangan.

Kontak:

Eugenia Clara


2. JIMAT

Tunggu dulu, jimat yang satu ini tak ada hubungannya dengan segala yang bersifat klenik! Jimat kayu dan logam ini dapat digunakan sebagai kalung, gelang, atau pembatas buku—dan ‘mantra-mantra’ baiknya bisa mengingatkan kita akan hal-hal yang penting dalam hidup kita. Words are mantra. Perkataan baik yang kita ucapkan berulang-ulang akan terpatri dalam ingatan kita, dan membuat kita memercayainya sepenuh hati.

(Foto oleh Jimat by Kerdus)

Ada banyak ‘mantra’ yang dapat kita pilih untuk kawan dan keluarga. Untuk mereka yang gemar berlari, ada jimat running is a journey, atau untuk mereka yang gemar bepergian, ada pula jimat to travel is to live. Tentunya, masih banyak lagi mantra-mantra yang bisa kita pilih untuk disematkan pada jimat-jimat ini. Setiap jimat bermantra ini juga datang dengan selembar kartu yang menjelaskan arti atau makna di baliknya!

Kontak:

Jimat by Kerdus


3. BONEKA KAYU

Bagaimana jika kita bisa mengabadikan kawan dan keluarga dalam bentuk boneka-boneka kayu?

(Foto oleh KayaKayu)

KayaKayu bisa membantu kita membuatkan miniatur kawan atau keluarga—lengkap dengan ekspresi wajah dan gaya khas mereka! Ini tentunya akan menjadi hadiah yang menarik—dan menjadi satu-satunya di dunia; karena bukankah kita semua adalah pribadi yang unik?

Kontak:

KayaKayu

  • Instagram: @kayakayu_ind
  • Senin-Sabtu (09.00 – 18.00)
  • Whatsapp: 62 817 654 3889
  • Line: @sey2645s
  • Partnership: kayakayuind@gmail.com


4. JURNAL

Jurnal bisa menjadi hadiah Tahun Baru yang menarik. Dengan jurnal baru ini, kita bisa mengisinya dengan catatan harian, berbagai harapan dan keinginan kita untuk tahun yang akan datang, juga memenuhinya dengan catatan rasa syukur (membuat gratitude journal). Kita juga bisa mengisinya dengan berbagai hal baik yang kita lihat setiap hari, atau pelajaran-pelajaran hidup yang kita temukan dalam interaksi dengan orang-orang di sekitar kita.

(Foto oleh Wake & Wander)

Jurnal dari Wake & Wander ini dilapisi sampul dari kain dengan motif dan warna yang beragam. Bukan itu saja, sentuhan pribadi bisa kita dapatkan dengan memilih ‘nama’ jurnal yang cocok dengan orang yang akan menerimanya. Ada jurnal A Wallflower, A Daydreamer, As the Sun Sets, Here Comes the Waves, A Dweller, A Wanderer, The Inbetweeners, dan lain-lain; yang merepresentasikan pribadi dan suasana hati yang berbeda-beda. Setiap jurnal juga datang dengan selembar kartu yang menjelaskan makna di balik nama-nama jurnal itu lewat goresan puisi.

Kontak:

Wake & Wander


5. MUG ATAU CANGKIR KERAMIK

Ingin membuat hadiah Tahun Baru sendiri? Mungkin membuat mug, cangkir, atau wadah keramik lainnya bisa menjadi pilihan!

(Foto oleh Kandura Studio)

Ada banyak studio yang menawarkan kelas membuat keramik dalam waktu singkat. Kita bisa bereksperimen dengan berbagai bentuk dan warna untuk wadah-wadah keramik yang akan kita buat—dan memberikan hadiah buatan sendiri untuk orang-orang yang kita sayangi! Jika kita tertarik, cobalah membuat janji dulu melalui telepon untuk datang ke Kandura Studio di Bandung ini—dan belajar membuat wadah keramik kita sendiri!

Kontak:

Kandura Studio


Hadiah sebagai bentuk ungkapan sayang atau rasa terima kasih memang tak sekadar bersifat material. Alasan mengapa kita memilih hadiah tertentu untuk kawan dan keluarga dekat dapat menjadi kisah istimewa yang melatarinya. Memberikan sentuhan pribadi atau hadiah buatan sendiri akan menjadikan hadiah sesederhana apapun terasa jauh lebih berarti bagi orang-orang yang kita sayangi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Ide Hadiah Tahun Baru dengan Sentuhan Pribadi untuk Kawan & Keluarga". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Hanny Kusumawati | @hannykusumawati

Managing Editor of Kamantara.ID. A published writer and blogger at www.beradadisini.com. Organises workshops & weekend getaways in creative/travel/mindful writing & creative living.

What do you think ?