1.2K

Hanya butuh waktu 3-5 detik bagi manusia untuk menyadari bahwa kita telah melakukan kesalahan.

Saya terpana ketika membaca hal ini dalam buku 8 Minutes: Find Your Focus, Master Distraction, and Get the Right Things Done oleh Peter Bregman.

Kita pernah mengalaminya, saya kira. Dalam 3 detik setelah email terkirim, kita sadar bahwa kita mengirimnya ke orang yang salah. Atau ketika tak sengaja meng-klik tombol Like pada foto mantan di media sosial, dan menyadarinya 3 detik kemudian. Saat membentak orang tua atau anak, 3 detik berikutnya, mungkin kita merasa menyesal atas ledakan emosi yang sudah 'terlanjur' itu.

Mengapa penyesalan instan ini terjadi?

Sederhana. Karena kita tidak berhenti sejenak. Kita terburu-buru dan langsung bereaksi terhadap apapun yang dilontarkan ke hadapan kita: gambar, kata-kata, situasi. Sebenarnya, yang kita butuhkan hanyalah menunda reaksi dengan tarikan satu napas dalam. Padahal, hanya 3-5 detik jeda yang dibutuhkan sebelum bereaksi instan, dan mengakses bagian diri yang lebih sadar.

Mari Mengambil Jeda

Seringkali, kita terlalu sibuk bergerak menuju tempat dituju, hingga kita lupa berhenti sejenak. Kita berlomba melewati kehidupan, berpikir bahwa semakin cepat dan semakin kuat tekad kita dalam bergerak, akan semakin cepat kita sampai di sana.

Tapi terus bergerak hanya akan membuat kita cepat di awal, kelelahan kemudian. Dan saat kita kelelahan, kita kehilangan arah.

Mengetahui kapan harus berhenti sejenak merupakan hal yang bijak.

Lain kali kita merasa terlalu sibuk dan terburu-buru, bekerja gila-gilaan dan melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan, atau merasa emosi meluap naik saat membaca komentar kawan-kawan di media sosial, tarik napas dalam-dalam. Ambil jeda 3-5 detik saja sebelum bereaksi.

Tanyakan pada diri: "Perlukah saya bereaksi seterburu-buru ini terhadap hal ini? Sebegitu pentingkah untuk saya bereaksi saat ini juga? Atau, akankah saya menyesalinya kemudian?"


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3-5 Detik Saja: Waktu yang Manusia Butuhkan untuk Menyadari Kesalahan.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bio

Hanny Kusumawati | @hannykusumawati

Managing Editor of Kamantara.ID. A published writer and blogger at www.beradadisini.com. Organises workshops & weekend getaways in creative/travel/mindful writing & creative living.

What do you think ?

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

Kerja Freelance